Selasa, 15 Juni 2010

Nama Saya Ingin Menjadi H. Antonius Aribowo Sebelum Bapak Saya Tiada


Nama saya Antonius Aribowo, memeluk Islam pada tgl 25 Maret 1999 di Masjid Pogung Kidul UGM Bulaksumur, Yogjakarta dengan bimbingan Ustadz Arief yang juga beliau ini merupakan salah satu Imam Besar di Masjid Madinah. Saya tertarik dengan Islam karena sebuah buku berjudul "Maut" karangan Sidi Gazalba. Saya mempelajari beberapa aliran spiritual dan agama bahkan sempat menjadi atheis alias tidak percaya kepada Sang Pencipta. 

Berproses dan bergumul dengan pemikiran - pemikiran tentang kehidupan semenjak saya tergelitik dengan makna hidup ini, dari mana awalnya, apa tujuannya, kenapa saya dilahirkan, kenapa harus ada saya di muka bumi ini, dst. Bertubi - tubi berkecamuk dalam pikiran sya pertanyaan - pertanyaan tersebut.

Buku demi buku saya baca, pertanyaan demi pertanyaan saya lontarkan kepada teman - teman, diskusi demi diskusi, permenungan demi permenungan, dst, saya mulai sekitar tahun 1996.

Pada suatu ketika, saat saya bekerja di sebuah SLTP d bawah naungan sebuah Yayasan Katholik yang cukup tersohor, dimana saya saat itu bekerja sebagai security yang ditemani seekor anjing besar bernama Alien, pada tahun 1995 akhir, saya menemukan sebuah buku yang tergeletak di meja satpam yang dibawa seorang teman Muslim. Entah dia sengaja meninggalkan buku tersebut ataukah tertinggal, saya tergelitik untuk membacanya setelah tergeletak selama satu minggu.. 

Buku tersebut tadinya tidak menarik perhatian saya karena sampulnya bergambar Masjid dan tampak lusuh. 

Saya sangat membenci Islam dan segala simbolnya kala itu! Islam itu kejam, bahasanya bahasa perang, wanita dikesampingkan peranannya, dsb. Intinya, saya sama sekali benci dengan yang namanya Islam, bahkan jika suara adzan berkumandang, saya merasa risih dan menganggap orang Islam itu egois dan tidak toleran terhadap penganut agama lain yang tidak suka bangun pagi - pagi buta tapi dibuat suara berisik oleh suara adzan tersebut memaksa saya yang sudah begadang menjaga sekolah, hendak istirahat sebentar saja malah diteriaki suara adzan dari sebelah bangunan tempat saya bekerja tsb!  Huhh, sungguh saya bisa mengumpat dan tak jarang mengomel sendirian demi mendengar adzan subuh yang dikumandangkan Muadzin. Na'udzubillah...

Karena buku tersebut bergambar Masjid, maka tiada berminat saya menyentuhnya. Namun, entah kenapa.. saya akhirnya membuka dengan asal pada halaman yang jauh. Di dalam lembar iru, saya terbentur dengan sebuah sub judul yang menuliskan tentang Yesus! Wah ini kok buku bergambar Masjid tapi ada tulisan "Yesus" nya? Kurang ajar bener nih, kata saya dalam hati sambil bergumam..

Dari situlah titik balik pemahaman saya terhadap Islam sedikit berubah.. ya, sedikit saja berubah. Namun saya masih belum berminat dengan ISLAM!

Waktu berlalu sampai empat keyakinan saya anut..

        Hingga, pada tahun 1999, seorang kawan baik saya saat kuliah di Fak Psikologi UGM, memimjamkan sebuah buku berjudul "MAUT". Pada ayat yang berbunyi:                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       "Barangsiapa yang menyangka bahwa Allah sekali-kali tiada menolongnya (Muhammad) di dunia dan akhirat, maka hendaklah ia merentangkan tali ke langit, kemudian hendaklah ia melaluinya, kemudian hendaklah ia pikirkan apakah tipu dayanya itu dapat melenyapkan apa yang menyakitkan hatinya."  (QS. Al-Hajj: 15)                                                                                    

Berurai airmata dan bergetar dada saya..      

                                                                                               

Demikianlah Allah membuka pintu hidayahNYA kepada saya yang hina ini...Saya benar - benar berurai airmata dan terisak - isak sendirian saat itu di keheningan malam.. SUBHANALLAH...

Sesungguhnya, masih banyak cerita saya yang belum tertulis di sini, sangat banyak dan penuh lika – liku… Namun lain waktu Insya’Llah saya akan tuliskan kisah – kisah seru saya, terutama menghadapi “perseteruan” dengan kedua orangtua saya yang sampai tulisan ini saya posting, mereka masih dalam "kegelapan" (bukan Muslim).

        Saat ini saya berkeinginan untuk segera menunaikan Ibadah Haji… Mohon bantu saya dengan do’a dari saudara – saudariku Muslim. Mohon do’anya, ya… Jazzakumullah khoiron katsiro.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sabily